25 Daftar Buku Terlaris Sepanjang Masa
Buku

25 Daftar Buku Terlaris Sepanjang Masa

Buku adalah kumpulan beberapa kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu sisinya dan berisi tulisan atau gambar. Seiring dengan perkembangan teknologi dalam bidang dunia informatika, kini dikenal pula istilah e-book atau buku-e (buku elektronik), yang mengandalkan perangkat seperti komputer meja, komputer jinjing, komputer tablet, telepon seluler dan lainnya, untuk digunakan sebagai perangkat lunak tertentu untuk membacanya.

Indikator kesuksesan penulis dalam menciptakan sebuah buku dapat dinilai dari diterima atau tidaknya buku tersebut dalam masyarakat. Jika masyarakat dapat menerima karya karya penulis tersebut dapat dikatakan karyanya sukses. Oleh karena itu, larisnya sebuah buku menjadi sebuah ukuran keberhasilan bagi penulis. Nah, berikut adalah daftar buku buku terlaris dari segala penjuru negara.

1. Quotations from Chairman Mao Tse-Tung

Quotations from Mao Tse Tung

Quotations from Mao Tse-Tung terjual sebanyak 830 juta eksemplar di seluruh dunia. Buku ini berisi tentang antologi kutipan yang diambil dari pidato dan tulisan-tulisan Mao Tse-Tung Atau Mao Zedong. Buku terlaris di dunia ini hampir diterjemahkan dalam semua bahasa, buku ini juga memiliki penyebaran yang sangat besar seperti Amerika dan Negara-negara Eropa, karena disana paham komunis adalah sesuatu yang wajib dicegah, dan buku ini merupakan buku yang wajib dibaca oleh setiap orang China dewasa pada tahun 1966-1971. Buku Quotations from Mao Tse-Tung biasa disebut buku merah, karena sampul bukunya yang berwarna merah.

2. Don Quixote

 

Don Quixote

Don Quixote, buku ini terjual sebanyak  500 juta eksemplar. Buku El Ingenioso Hidalgo Don Quijote de la Mancha ini merupakan novel klasik Spanyol yang ditulis oleh Miguel de Cervantes Saavedra. Novel ini pertama kali dicetak tahun 1605 dan edisi keduanya dirilis pada tahun 1615. Menurut catatan, Don Quixote telah diterbitkan dalam ratusan bahasa dunia, termasuk bahasa Indonesia. Menurut literatur spanyol Don Quixote merupakan novel fiksi terbaik yang pernah diterbitkan.

3. A Tale of Two Cities

 

A Tale of Two Cities

 

A Tale of Two Cities, buku ini terbit tahun 1859, berhasil terjual sebanyak 200 juta salinan di seluruh dunia. Novel karya Charles Dickens bersetting di London dan Paris sebelum dan selama Revolusi Perancis. Novel ini menggambarkan keadaan buruk petani Perancis dalam tahun-tahun sebelum revolusi, kebrutalan kaum revolusi terhadap aristokrat pada awal revolusi, dan paralel dengan kehidupan sosial di London pada saat yang bersamaan.

4. The Lord of The Rings

 

The Lord of The Rings

The Lord of the Rings terjual sebanyak 150 juta copy eksemplar. Buku ini adalah novel kisah fantasi epik karya J. R. R. Tolkien yang ditulis dari tahun 1937 sampai 1949. Novel ini diterbitkan dalam tiga jilid pada tahun 1954 dan 1955, masing-masing jilid terdiri dari dua buku. Jilid pertama berjudul “The Fellowship of the Ring”, jilid kedua “The Two Towers” dan jilid ketiga “The Return of the King”.  Novel ini menjadi salah satu karya sastra abad ke-20 yang paling populer bahkan hingga diterjemahkan ke dalam 38 bahasa. The Lord of the Rings telah difilmkan tiga kali, yang pertama sebagai film animasi oleh Ralph Bakshi pada tahun 1978 (sebagai bagian pertama dari dua film yang direncanakan), yang kedua pada tahun 1980 sebagai acara televisi. Karya yang ketiga, trilogi film The Lord of the Rings yang disutradarai oleh Peter Jackson yang dirilis pada tahun 2001, 2002, dan 2003, memenangkan beberapa Academy Awards dan memperbaharui rasa penasaran publik dalam trilogi ini dan karya Tolkien lainnya. Novel ini berkisah tentang peperangan manusia hobbit (makhluk kerdil), elf (bangsa peri), dan dwarf (makhluk kerdil yang pandai besi) dalam melawan Sauron, Sang Penguasa Cincin.

5. The Hobbit

The Hobbit

 

The Hobbit terjual sebanyak 100 juta eksemplar, novel fantasi  ini ditulis oleh J. R. R. Tolkien dengan alur cerita laksana dongeng. Novel ini pertama kali diterbitkan di Inggris pada 21 September 1937. Walaupun buku ini merupakan karya yang mandiri, seringkali The Hobbit dianggap sebagai novel fantasi pendahulu dari karya Tolkien selanjutnya The Lord of the Rings. Novel ini berkisah tentang petualangan tokoh Bilbo Baggins, yang dalam sekuel The Lord of The Rings dia adalah paman dari Frodo.

6. Dream of The Red Chamber

 

Dream of The Red Chamber

Dream of the Red Chamber, novel ini terjual sebanyak 100 juta eksemplar. Judul buku ini adalah judul versi bahasa Inggris untuk buku berjudul aslinya berjudul Hong Lou Meng. Novel ini merupakan karya sastra terkenal dari zaman Dinasti Qing. Penulis novel ini adalah Cao Xueqin pada tahun 1754. Di Indonesia, buku ini berjudul Impian Paviliun Merah. Impian Paviliun Merah diakui sebagai salah satu karya sastra terbaik dalam bidang sejarah sastra Tiongkok.

7. And Then There Were None

 

And Then There Were None

And There Were None yang terjual sebanyak 100 juta eksemplar ini adalah karya Agatha Christie. Dalam edisi bahasa Indonesia buku ini berjudul “Sepuluh Anak Negro” yang diambil dari tema utama lagu dalam buku ini. Lagu tersebut adalah lagu anak-anak (yang merupakan ciri khas Agatha Christie) yang menceritakan 10 anak negro yang hilang satu persatu dan cerita tentang hilangnya 10 anak ini. Buku ini diterbitkan pada tahun 1999.

8. The Lion, the Witch and the Wardrobe

 

The Lion, the Witch and the Wardrobe

The Lion, the Witch and the Wardrobe terjual sebanyak 85 juta copy eksemplar. Dalam bahasa Indonesia novel ini berjudul “Sang Singa, Sang Penyihir dan Lemari” novel ini adalah novel fantasi karya C. S. Lewis. Buku ini ditulis pada tahun 1950 dan bercerita menggunakan latar waktu sekitar tahun 1940. Novel ini adalah yang pertama kali ditulis dari ketujuh seri “The Chronicles of Narnia”. Meskipun buku ini merupakan buku yang pertama kali ditulis, namun secara kronologi buku ini adalah buku yang kedua setelah The Magician’s Nephew (Keponakan Penyihir).

9. She: A History of Adventure

 

She: A History of Adventure

She: A History Of Adventure berhasil terjual sebanyak 83 juta eksemplar. Buku ini adalah novel karya H.Rider Haggard yang ditulis pada tahun 1887. Novel ini berkisah tentang seorang ratu di pedalaman.

10. The Little Prince

 

The Little Prince

The Little Prince terbit tahun 1943 terjual sebanyak 80 juta eksemplar. Buku ini adalah sebuah novel terjemahan dari novel asli yang berbahasa Perancis yang ditulis oleh Le Petit Prince karya seorang aristokrat, penulis, penyair dan perintis penerbangan Perancis: Antoine de Saint -Exupéry.

Novel ini menceritakan tentang perasaan kesepian, kehilangan, cinta, kisah persahabatan dan pengalaman saat melakukan penerbangan di gurun sahara yang tertuang dalam bentuk Pangeran kecil yang jatuh ke Bumi.

11. The Davinci Code

The Davinci Code

 

The Da Vinci Code berhasil terjual 80 juta eksemplar. Buku ini adalah sebuah novel karya Dan Brown yang diterbitkan pada 2003. Kisah dalam buku ini merupakan gabungan gaya detektif, thriller dan teori konspirasi, yang telah membantu mempulerkan perhatian terhadap sebuah teori-teori tentang legenda Piala Suci (Holy Grail) dan peran Maria Magdalena dalam sejarah Kristen – teori-teori yang oleh Kristen dipertimbangkan sebagai ajaran sesat dan banyak yang mengkritik sebagai sejarah yang tidak akurat. Buku ini adalah bagian kedua dari trilogi yang dimulai Dan Brown dengan novel Malaikat dan Iblis (Angels and Demons) pada tahun 2000, yang memperkenalkan tokoh Robert Langdon.

12. The Catcher in the Rye

 

The Catcher in the Rye

The Catcher in the Rye ini terjual sebanyak 65 juta eksemplar. Buku ini adalah novel karya J.D. Salinger, cetakan pertama novel ini diterbitkan pada tahun 1951. Buku ini menceritakan kisah tentang seorang pemuda bernama Holden Caulfield yang pulang ke rumah setelah diusir dari sebuah sekolah lanjutan swasta eksklusif. Alih-alih langsung pulang ke rumah, Caulfield naik kapal lalu mengembara, berpikir tentang apa yang akan dikatakannya pada keluarganya, dan bagaimana yang terbaik untuk menghadapi jika suatu saat dikeluarkan dari sekolah. Buku ini mengandung banyak kata yang tidak senonoh, dan banyak orang yang tak menyukai buku ini karena kata kalimatnya yang kasar. Buku ini dilarang peredarannya di banyak tempat. Namun, beberapa memandang kata-kata yang tertuang tersebut sebagai ekspresi Caulfield atas rasa frustrasinya akan kehidupan.

13. The Alchemist

 

The Alchemist

The Alchemist tersebut terjual sebanyak 65 juta eksemplar. dalam bahasa Indonesia buku ini berjudul Sang Alkemis. Novel fiksi karya Paulo Coelho dan pertama kali diterbitkan di Brazil pada tahun 1988, novel ini membuktikan bahwa untuk menjadi novel laris tak harus menggunakan bahasa Inggris.Contohnya novel terlaris ini terlahir dengan bahasa Portugis. Pada buku ini Coelho menuliskan alur penceritaan simbolik yang mendorong pembacanya agar mengejar mimpi mereka. Kisah ini menceritakan perjalanan seorang gembala dalam mencari harta karun di mana harta karun tersebut muncul dalam mimpinya. Pada buku ini Coelho menuliskan alur  simbolik yang mendorong pembacanya agar mengejar mimpi mereka. Kisah ini menceritakan perjalanan seorang gembala dalam mencari harta karun yang muncul dalam mimpinya.

14. Heidi’s Years of Learning and Travel

 

Heidi’s Years of Learning and Travel

Heidi’s Years of Learning and Travel terjual sebanyak 50 juta copy eksemplar. Buku ini adalah karya fiksi yang ditulis pada tahun 1880 oleh penulis dari Swiss, Johanna Spyri. Buku ini ada 2 seri,  Heidi’s Years of Learning and Travel adalah seri pertamanya. Kini, kedua seri buku ini menjadi satu bagian utuh dengan judul Heidi.

15. Twilight

 

Twilight

Twilight, Kisah cinta yang dikemas dengan luar biasa ini oleh Stephenie Meyer ini pun berhasil mengantarkan Twilight menjadi salah satu novel paling laris dengan penjualan menyentuh angka 50 juta copy eksemplar dan telah diterbitkan ke dalam 20 bahasa. Kisah Edward dan Bella ini pun sudah bisa dinikmati dalam bentuk film, dan baik buku maupun filmnya, sama-sama berhasil membuat yang membaca maupun menontonnya kagum.

16. Anne of Green Gables

 

Anne of Green Gables

Anne of Green Gables telah berhasil terjual sebanyak 50 juta eksemplar. Buku ini adalah buku pertama karya Lucy M. Montgomery dari heksalogi. Buku ini berkisah tentang Anne, seorang gadis yatim piatu berusia 11 tahun yang datang ke Desa Avonlea karena sebuah kekeliruan. Dua bersaudara Marilla dan Matthew Cuthbert ingin mengadopsinya sebagai anak untuk membantu mengurus rumah mereka yang dikenal sebagai Green Gables. Mereka meminta sebuah panti asuhan untuk mengirim seorang anak laki-laki, untuk diadopsi. Namun, yang datang ternyata seorang gadis kecil berambut merah, Anne. Asal- usulnya yang tak jelas membuatnya tidak disukai. Namun, sikapnya yang baik, ceria, tutur katanya yang blak-blakan, perilakunya yang polos dan kadang konyol, pelan-pelan meluluhkan hati Marilla dan Matthew. Anne juga jatuh cinta pada Desa Avonlea dan Green Gables.

17. Black Beauty

 

Black Beauty

Black Beauty, novel yang berhasil terjual sebanyak 50 juta eksemplar. Sebuah kisah klasik yang ditulis oleh Anna Sewell ini menggunakan sudut pandang seekor kuda pada zaman Victoria. Anna menyelipkan dalam buku ini sebuah pesan universal dan tak lekang oleh waktu: bahwa binatang akan melayani manusia dengan baik apabila mereka diperlakukan dengan penuh pengertian.

18. The Name of the Rose

 

The Name of the Rose

The Name of the Rose ini terjual sebanyak 50 juta eksemplar. Buku ini adalah sebuah novel karya Umberto Eco. Kisah dalam buku ini bernuansa misteri yang  tidak hanya menyuguhkan cerita pembunuhan biasa. Dengan sangat cerdas, Eco menghadirkan kehidupan biara yang puritan lengkap dengan tradisi pemikiran gereja pada Abad Pertengahan.

19. Charlotte’s Web

 

Charlotte’s Web

Charlotte’s Web, buku tersebut terjual sebanyak 45 juta eksemplar. Buku ini adalah buku untuk anak yang ditulis oleh E. B. White yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1952. Buku ini menceritakan tentang seekor babi bernama Wilbur dan Charlotte yang berteman, namun Charlotte bukanlah babi seperti wilbur, ia adalah laba laba.

20. The Tale of Peter Rabbit

 

The Tale of Peter Rabbit

The Tale of Peter Rabbit berhasil terjual sebanyak 40 juta eksemplar. Buku The Tale of Peter Rabbit adalah seri pertama dari buku anak-anak yang ditulis dan diilustrasikan oleh Beatrix Potter. Awalnya buku ini ditulis sebagai kesenangan pribadi saja, tapi temannyalah yang mendorongnya untuk mempublikasikannya.

21. Harry Potter and The Deathly Hallows

 

Harry Potter and The Deathly Hallows

Harry Potter and The Deathly Hallows, buku ini terjual sekitar 40-45 juta eksemplar. Hebatnya, dalam waktu 24 jam pada hari peluncurannya, buku ini telah terjual lebih dari 6 juta eksemplar. Itu baru untuk wilayah Amerika Serikat, belum negara lain yang pastinya sudah menanti buku ini.  Novel ini jadi novel terakhir dari serial harry potter karya J.K. Rowling.  Dalam bahasa indonesia buku ini berjudul “Harry Potter dan Relikui Kematian”.

22. Jonathan Livingston Seagull

 

Jonathan Livingston Seagull

Jonathan Livingston Seagull, terjual sebanyak 40 juta copy eksemplarBuku ini adalah sebuah karya fiksi karya Richard Bach. Kisah dalam buku ini berkisah mengenai pentingnya mengejar mimpi, tidak ada yang salah dengan kita mengejar mimpi walaupun mimpi kita menurut orang lain tidak pantas dan tidak sesuai dengan pendapat umum. Walaupun Jonathan kemudian dikucilkan dia tidak menyerah dengan mimpinya, dia tetap terbang dan terbang, hingga suatu hari dia berubah bukan lagi hanya seekor burung camar.

23. Angels and Demons

 

Angels and Demons

Angels and Demons, buku ini terjual sebanyak 39 juta eksemplar. Buku ini adalah novel karya Dan Brown yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2000. Novel ini memperkenalkan tokoh Robert Langdon, yang juga menjadi tokoh utama pada novel Dan Brown atau yang lebih dikenal, The Da Vinci Code. Buku ini menggunakan gaya penulisan dan cerita yang sangat mirip dengan The Da Vinci Code, misalnya adanya teori konspirasi organisasi rahasia, alur waktu satu hari, dan Gereja Katolik Roma. Novel ini bercerita tentang konflik antara organisasi kuno dan juga Illuminati, dengan Gereja Katolik Roma. Novel ini juga membahas kontroversi “Antimateri”, yang disebut-sebut sebagai energi alternatif pada masa depan, tetapi dapat menimbulkan efek negatif, yaitu menjadi senjata pemusnah massal.

24. War and Peace

 

War and Peace

War and Peace, terjual sebanyak 36 juta copy eksemplar. Buku ini merupakan sebuah novel karya penulis Rusia Leo Tolstoy, yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1869. Karya ini adalah karya luar biasa dan dianggap sebagai salah satu karya penting dalam dunia sastra. Buku ini dianggap sebagai pencapaian sastra terbaik Tolstoy, bersama dengan karya prosa utamanya yang lain, Anna Karenina pada tahun 1873-1877.

25. You Can Heal Your Life

you can heal your life

 

Yang terakhir adalah buku you can heal your life, buku ini sudah terjual sebanyak 35 juta copy eksemplar. Buku karya Louise Hay ini berkisah tentang cinta terhadap diri sendiri dan menghilangkan perasaan bersalah, sebuah proses yang ia yakini membuat kita merasa bebas secara mental dan sehat secara fisik, yang juga dibenarkan oleh penelitian psiko-imunologi.  Selama sepuluh tahun terakhir buku ini telah terjual di 30 negara.

 

Arizqi Febrianti, perempuan kelahiran kota Dawet Ayu, Banjarnegara. Menyukai Perjalanan, Pemandangan, Membaca dan juga Tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *