Wisata

12 Makanan khas Indonesia yang Wajib Dicicipi

Indonesia adalah surga bagi pecinta kuliner! Indonesia selalu dikenal karena rempah-rempahnya tetapi bersama dengan sejarah kolonial Belanda, negara ini memiliki masakan nasional yang benar-benar unik. Dari restoran kelas atas hingga pedagang jalanan yang ramai, masakan Indonesia akan membuat lidah Anda mengeluarkan air liur untuk lebih banyak lagi. Ingin tahu apa yang harus dimakan di perjalananmu? Sebagai permulaan, berikut adalah daftar 12 makanan Indonesia terbaik yang akan menggelitik selera Anda!

1. GUDEG

GUDEG

 

(foto di atas) adalah hidangan dalam masakan Indonesia yang membutuhkan sedikit kesabaran. Favorit nasional ini sedikit manis, seperti kebanyakan makanan yang berasal dari Jawa Tengah, berkat nangka manis yang merupakan bahan utamanya. Buah ini direbus dalam campuran santan, gula aren dan bumbu lokal selama beberapa jam, menghasilkan hidangan yang sangat lembut. Ini adalah pilihan yang bagus untuk vegetarian, atau meminta koki untuk memasukkan beberapa daging ayam atau kulit sapi goreng untuk sedikit tambahan protein. Hidangan ini juga bagus jika disajikan dengan nasi dan telur rebus

2. BABI GULING

BABI GULING

 

Indonesia adalah negara yang mayoritas Muslim, jadi babi bisa sulit didapat. Namun, hidangan daging babi panggang ini adalah makanan pokok di masakan Bali (Bali adalah pulau yang sebagian besar beragama Hindu). Sebelum dipanggang, daging babi direndam dalam air kelapa dan digosok dengan bumbu seperti cabe, bawang putih, kunyit dan jahe, memberi hidangan ini rasa yang benar-benar unik. Akan sulit untuk menemukan babi guling di luar Bali, jadi nikmatilah selagi berada di sana! Hidangan ini sering disajikan dengan nasi putih, salad daging dan sayuran yang disebut lawar, dan bahkan beberapa kulit babi renyah dan jeroan goreng (jika Anda cukup berani untuk mencoba). Cobalah hidangan lezat ini di Bali Food Tour yang akan membawa Anda dari persawahan ke makanan jalanan yang dikemas dengan rasa. Singkat waktu tetapi masih ingin makan seperti lokal? Tur Jalan Lokal Bali akan sempurna untuk Anda.

3. NASI GORENG

NASI GORENG

 

Nasi Goreng adalah versi nasi goreng khas Indonesia dan juga hidangan nasional negara ini. Anda tidak akan menemukan sesuatu yang sama seperti ketika mengunjungi negara lain di Asia. Nasi goreng cukup sederhana tapi sangat lezat. Nasi yang dikukus dekat tenggelam dalam kecap tebal yang disebut keycap dan dibumbui dengan cabe, pasta udang, bawang, bawang putih, dan saus tomat. Beberapa koki juga dapat menambahkan protein – seperti ayam, domba, babi, telur atau daging sapi – dan sayuran lainnya seperti jamur, kubis dan mentimun. Anda tidak akan menemukan dua resep yang sama di dua dapur!

4. SATE

SATE

 

Sate sebagian besar terdiri dari daging tusuk yang dimasak di atas arang. Penggemar panas digunakan untuk menerbangkan asap, memberi mereka rasa yang benar-benar unik. Sate tusuk sate dapat dibuat dari ayam, kambing, daging kambing atau kelinci dan biasanya disajikan dengan ton saus kacang pedas dan kue beras (ketupat). Daging biasanya direndam dalam bumbu yang berbeda sebelum dimasak. Anda dapat menemukan hidangan lezat ini di mana saja di Indonesia dan Anda pasti akan senang telah melakukannya setelah gigitan pertama Anda. Jalan Sabang adalah pusat kuliner di Jakarta yang menawarkan beberapa sate Jawa yang paling lezat. Coba iy di tur makanan ini.

5. SIOMAY

SIOMAY

Seperti dim sum China? Nah, temui versi Indonesia. Siomay adalah makanan tradisional Indonesia, pada dasarnya kue ikan yang disajikan dengan kentang kukus, kubis dan telur. Celupkan mereka dalam saus kacang rebus untuk rasa yang benar-benar otentik. Anda akan menemukan penjual yang menjual siomay di hampir setiap sudut jalan Indonesia, jadi Anda tidak akan pernah lapar dengan favorit baru ini! Jika Anda ingin mencoba makanan Cina di Indonesia, kami mendengar bahwa Chinatown di Jakarta adalah tempat Anda seharusnya. Cobalah masakan lokal Cina seperti perut babi ke hainam nasi di tur ini.

6. BAKSO

BAKSO

Salah satu makanan jalanan terbaik di Indonesia, bakso adalah sup bakso yang gurih. Bakso lunak dan kenyal, terbuat dari daging ayam, sapi, babi, atau bahkan kombinasi dari ketiganya. Anda biasanya akan disajikan bakso Anda dengan beberapa nasi atau mie telur, telur rebus (dilapisi dalam campuran yang sama adalah bakso), beberapa cabe dan beberapa bawang goreng. Beberapa koki juga melempar tahu! Lapisi dengan kecap manis untuk hidangan favorit yang lezat. Ini adalah makanan yang cocok untuk seorang presiden – sebagaimana Presiden Obama mengklaim ini adalah salah satu makanan favoritnya di Indonesia!

7. SOP BUNTUT 

SOP BUNTUT 

Sop buntut adalah sop buntut yang lezat. Makanan Indonesia ini kebanyakan ditemukan di Jawa Barat dan terdiri dari irisan ekor sapi yang digoreng atau dibakar dalam kuah yang jernih. Hidangan umumnya dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, lada, pala dan cengkeh, tetapi koki yang berbeda akan membumbuinya dengan cara mereka sendiri. Beberapa sayuran lezat yang dapat ditambahkan ke sup termasuk kentang rebus, wortel, tomat, seledri, daun bawang dan bawang merah. Untuk benar-benar mengeluarkan rasa, gerimis sedikit jeruk nipis atau lemon di atasnya.

8. MARTABAK 

MARTABAK 

Sudah cukup dengan hidangan gurih? Martabak untuk menyelamatkan! Makanan Indonesia yang manis ini adalah pancingan negara dengan pancake, biasanya diisi dengan apa pun dari cokelat dan kacang hingga keju. Pikirkan krep tetapi lebih tebal. Makanan manis ini hanya dijual di malam dan malam hari, jadi Anda mungkin harus menunggu camilan tengah malam Anda untuk mencobanya.

9. DAGING RENDANG

 DAGING RENDANG

Jika Anda penggemar kari, Anda pasti menyukai semangkuk rendang daging sapi. Makanan Indonesia ini lebih seperti kari daging sapi, tetapi tanpa kaldu. Ini terbuat dari daging sapi yang tebal dan lunak, yang perlahan dimasak dalam saus santan dan rempah-rempah selama beberapa jam. Ini bukan sesuatu yang Anda akan temukan di mana saja, karena dibutuhkan kesabaran dan keterampilan untuk membuat rendang daging sapi yang enak. Ini terutama dimakan di wilayah Padang Sumatera Barat dan biasanya disajikan dengan nasi. Jika Anda baru mengenal masakan Indonesia maka wisata kuliner ini menuju Jalan Sabang adalah cara sempurna untuk diperkenalkan. Cicipi rendang daging sapi yang lezat dari barat serta kue ikan khas dari selatan Sumatera.

10. PEMPEK 

PEMPEK 

Hidangan pempek konon mendapat namanya dari seorang pria Tionghoa yang pertama kali menyajikan makanan di Palembang, Sumatera Selatan. Pempek adalah ikan dan kue tapioka, tersedia dalam berbagai rasa, bentuk dan ukuran. Variasi yang paling populer disebut kapal selam, yang diterjemahkan ke kapal selam, dan termasuk telur di tengah. Taburkan pempek Anda dengan beberapa bubuk udang dan celupkan ke dalam beberapa cuka (saus gelap yang terbuat dari cuka, cabai dan gula) untuk cita rasa masakan Indonesia.

11. KERAK TELOR

KERAK TELOR

Kerak telor adalah hidangan yang dimiliki oleh budaya Betawi, kelompok etnis asli Jakarta dan daerah sekitarnya. Dengan demikian, Anda tidak akan sering menemukannya di luar area populer di Jakarta (seperti Kota Tua dan MONAS). Makanan tradisional ini adalah nasi goreng yang dimasak di atas arang. Dibuat terutama dari ketan dan telur, hidangan berbentuk omelet biasanya diisi dengan bawang goreng dan kelapa parut. Anda dapat meminta kerak telor Anda untuk dimasak dengan telur ayam atau telur bebek. Pilihlah bebek untuk rasa yang lebih tidak biasa, lebih berlemak – itu akan sebanding dengan biaya tambahan, kami berjanji. Sementara di Jakarta, Anda pasti harus mengunjungi Pasar Baru untuk mencoba beberapa makanan Betawi, Jawa, dan bahkan Aceh yang paling nikmat! Ini adalah salah satu hal utama yang harus dilakukan di Jakarta.

12. INDOMIE

INDOMIE

Anda tidak benar-benar harus pergi ke Indonesia untuk mencicipi Indomie, tetapi itu pasti berharga saat Anda berada di sana! Bagaimanapun, negara ini adalah rumah bagi mi instan yang disukai setiap mahasiswa. Dengan dunia rasa yang Anda inginkan dan kurang dari satu dolar per bungkus, Anda dapat dengan mudah hidup dari hidangan Indonesia ini. Yang terbaik dari semuanya, Anda akan menemukan Indomie secara harfiah di mana saja – dari restoran hingga toko-toko di pojok.

Arizqi Febrianti, perempuan kelahiran kota Dawet Ayu, Banjarnegara. Menyukai Perjalanan, Pemandangan, Membaca dan juga Tidur.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *