Catatan

Napak Tilas Banjarnegara

Napak Tilas Merupakan salah satu kegiatan dalam rangka mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan serta memupuk rasa cinta tanah air dan bangsa. Biasanya Napak Tilas Banjarnegara diselenggarakan setiap bulan November untuk memperingati hari pahlawan. Napak tilas ini biasanya diikuti ratusan peserta dari berbagai penjuru nusantara. Mereka akan berjalan kaki mengikuti rute yang dilalui para pahlawan terdahulu saat perang gerilya dalam memerebutkan kemerdekaan dari tangan para penjajah.

Tujuan Napak Tilas Banjarnegara Rute Gerilya Banjarnegara Berjuang

Kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan rasa cinta tanah air, agar dapat lebih tanggap terhadap lingkungan sekitarnya, bermoral Pancasila dan disiplin, serta menumbuhkan semangat muda yang bertanggung jawab guna tercapainya persatuan dan kesatuan bangsa indonesia. Selain itu pula adalah untuk mengenang perjuangan para pahlawan bangsa, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawanya .

Melalui event Napak Tilas kali ini, Pemerintah Kota Banjarnegara mengajak masyarakat Indonesia untuk melihat lebih dekat potensi budaya dan masyarakatnya. Rute lomba juga telah diatur sehingga para peserta bisa mengikuti lomba seraya menikmati pemandangan alam yang indah dan juga melaui route perjuangan para pahlawan melawan penjajah dahulu. yang kedepannya diharapkan bisa menjadi salah satu destinasi wisata sejarah dan olahraga terbaik di Indonesia

pelepasan peserta Napak Tilas

Kegiatan ini tidak hanya dijadikan perlombaan karena para hari ke tiga seluruh peserta berjalan santai mengikuti rute gerilya para pahlawan dan menghyati setiap jengkal perjuangan mereka. Npak Tilas Banjarnegara ini tidak hanya menjadi event kabupaten, namun kini Napak Tilas Banajrnegara sudah menjadi lomba tingkat Nasional. peserta yang datang juga tidak hanya dari kabupaten Banjarnegara dan sekitarnya, ada juga peserta Pekalongan, Bumiayi, Trenggalek, Bandung, Cianjur, Semarang, Jakarta, Purwokerto, Wonosobo, pacitan dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya Pelajar dan mahasiswa saja yang mengikuti acara ini, banyak para sesepuh dari luar kota yang ikut menghadiri acara tersebut, bahkan mereka juga ikut berjalan kaki menelurusi rute gerilya bersama peserta yang lainnya. Kegiatan ini tidak hanya berjalan kaki menelurusi rute gerilya, namun diakan juga penanaman sebagai wujud menyelamatkan bumi.

Dari tahun ke tahun ratuan masyarakat dari segala penjuru mengikuti Napak Tilas Banjarnegara Rute Gerilya Banjarnegara Berjuang, kegiatan ini juga dapat menjadi ajang silaturahmi.

Untuk keamanan sendiri Napak Tilas bekerja sama dengan PMI Banjarnegara. Karena resiko kecelakaan seperti terkilir, asma, dan sebaginya rawan terjadi, tapi sejauh ini panitia masih bisa menangani dengan bantuan medis.

Tim Medis Napak Tilas

Untuk kalian yang ingin ikut kegiatan ini dapat mencari info seputar Napak Tilas Banjarnegara Rute Gerilya Banjarnegara Berjuang di http://napaktilasbanjarnegara.nikofigitsetiawan.web.id/ atau bisa juga kunjungi instagram @napaktilasbanajrnegara. Untuk tahun 2018 Napak Tilas Banjarnegara Rute Gerilya Banjarnegara Berjuang akan diadakan tanggal 9-11 November 2018.

 

Dokumentasi Napak Tilas Banjarnegara Rute Gerilya Banjarnegara Berjuang tahun 2017

 

Arizqi Febrianti, perempuan kelahiran kota Dawet Ayu, Banjarnegara. Menyukai Perjalanan, Pemandangan, Membaca dan juga Tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *