Keramik Banjarnegara Mendunia

Banjarnegara memiliki potensi kerajinan yang bernilai seni tinggi, selain potensi obyek wisata alam maupun buatan dan wisata kuliner.Kerajinan di Banjarnegara antara lain kerajinan keramik, kerajinan kayu dan bambu, tatah sungging, batik motif Banyumasan, dll.

 

Kramik Banjarnegara Mendunia

 

Kerajinan keramik di Banjarnegara tentu sudah kalian temukan diberbagai daerah.Kabupaten Banjarnegara juga memiliki sentra kerajinan keramik yang bermutu tinggi dengan teknik pembuatan keramik dengan membakar glazur sehingga menghasilkan keramik yang mengkilap.Tak heran banyak para wisatawan terutama dari Eropa banyak memesan keramik hasil tangan para pengrajin keramik klampok.

Kerajinan keramik ini berpusat di bagian barat Banjarnegara, lebih tepatnya diwilayah Desa Klampok sekitar 30 km dari Kota Banjarnegara, Kecamatan Purworejo Klampok, Kabupaten Banjarnegara. Terdapat show room keramik yang memiliki koleksi beraneka macam keramik yang indah di sepanjang jalan kecamatan Klampok yang dapat kalian temui jika kalian melewati Banjarnegara bagian barat.

 

Kramik Banjarnegara Mendunia

 

Keramik klampok merupakan salah satu jenis kerajinan yang berasal dari lempung atau tanah liat melalui proses pembakaran yang dikerjakan dengan Tangan (Hand mide). Dibandingkan sentra-sentra keramik lainnya, produk keramik Klampok memiliki keistimewaan pada material bahan dasar yang lebih kuat. Terlebih, dengan proses pembakaran juga di atas 1.100 derajat celcius dan menyebabkan hasil produk lebih kokoh dengan tekstur tetap dinamis.Keramik Klampok di Kabupaten Banjarnegara mempunyai nilai seni tinggi dengan motif  dan bentuk yang  khas yang membedakan dengan keramik dari daerah lain serta hiasannya yang memadukan unsur-unsur tradisional dan modern dengan daya tarik yang khas sesuai dengan perkembangan masyarakat saat ini.

Tidak hanya dari Indonesia saja Kramik Klampok ini dicari, namun para wisatawan dari luar negeri seperti Amerika, Afrika, dan India juga sempat datang hanya untuk membeli kramik khas Banjarnegaera ini.

Ada beberapa jenis kramik yang banyak diminati oleh wisata lokal maupun luar . Berikut merupakan jenis-jenis keramik yang diproduksi antara lain :

  • Guci
  • Poci ( Produk andalan kramik Banjarnegara)
  • Tempat payung
  • Celengan
  • Gantunagn kunci
  • Tempat lilin
  • Aneka eaten set
  • Tempat bunga
  • Meja dan Kursi
  • Aneka ragam bentuk souvenir
  • Aneka miniatur binatang

Disini tidak hanya menjual kramik tapi bagi kalian yang ingin belajar membuat kramik  dan ikut melesatrikan budaya ini juga tersedia tempatnya. Untuk harga kramiknya sendiri sangat terjangkau apa lagi keramah tamahan para pengrajin ini yang membuat kita lebih nyaman dalam membeli.

Kramik Banjarnegara Mendunia

Tinggalkan komentar